Kamis, 27 Desember 2012

Transportasi di Kota Bandung

Bandung dapat diakses melalui jalan raya dari Jakarta. Sebuah jalan tol antarkota yang disebut jalan tol Cipularang, menghubungkan Jakarta, Karawang, Purwakarta, Padalarang dan Bandung, baru-baru ini telah selesai pada Mei 2005. Saat ini merupakan cara tercepat untuk pergi ke Bandung dari ibukota. Mengemudi waktu sekitar 1,5 jam rata-rata. Ada 3 pilihan lain: rute Puncak (Jakarta-Cianjur/Sukabumi-Bandung), Purwakarta rute (Jakarta-Cikampek-Purwakarta-Cikalong Wetan-Padalarang-Cimahi-Bandung) dan rute Subang (Jakarta-Cikampek-Subang-Lembang- Bandung). Dari bagian timur kota (Cirebon, Tasikmalaya dan Jawa Tengah), Bandung dapat diakses melalui jalan provinsi utama. Indonesia National Route 3 link Bandung menuju Cilegon dan Ketapang (Banyuwangi).

Jembatan Pasupati baru dibuka untuk umum, menghilangkan kemacetan lalu lintas di kota untuk transportasi timur-barat. The 2,8 km kabel-jembatan tinggal terletak melalui lembah Cikapundung. Ini adalah 30 sampai 60 meter lebar dan setelah penundaan yang luas, konstruksi akhirnya selesai pada bulan Juni 2005, menyusul investasi keuangan dari Kuwait. Jembatan ini merupakan bagian dari rencana komprehensif Bandung jalan raya dalam kota.

Taksi banyak tersedia. Cara utama transportasi umum adalah dengan minibus, disebut angkot (dari Angkutan = transportasi dan kota = kota). Mereka melayani rute tertentu di seluruh kota, dioperasikan secara pribadi dan murah, tetapi angkutan kota biasanya tidak dikenal karena nyaman. Untuk menemukan rute angkot yang tepat, informasi yang tersedia melalui driver atau di terminal. Kota milik bus, disebut DAMRI, beroperasi pada lebih besar, rute yang relatif lama. Bandung memiliki 2 terminal bus antarkota: Leuwipanjang, melayani bus dari barat, dan Cicaheum, melayani bus dari timur. Keduanya penuh dan akan digantikan oleh terminal baru di Gedebage pada 15 hektar lahan, sementara terminal lama akan difungsikan sebagai terminal dalam kota. Lokasi terminal baru akan berikutnya dari stasiun kereta api di 15 daerah hektar juga, keduanya dekat pelabuhan kontainer Gedebage kering.

Bandung Bandara Internasional Husein Sastranegara melayani penerbangan domestik langsung ke Batam, Pekanbaru, Medan, Bandar Lampung, Surabaya, Yogyakarta, Denpasar, Semarang, Banjarmasin, Makassar, dan juga layanan internasional dari Kuala Lumpur dan Singapura. Bandara ini terletak dekat Dirgantara kedirgantaraan kompleks dan Dirgantara Fairground.

Bandung memiliki dua stasiun kereta api besar, yaitu Bandung dan Stasiun Kiaracondong. Stasiun kecil lainnya adalah Cimindi, Andir, Ciroyom, Cikudapateuh, dan Stasiun Gedebage (hanya untuk layanan pengiriman). Kereta Api menghubungkan Bandung ke Cianjur, Jakarta, Purwakarta, Bekasi, Karawang dan Cikampek ke barat, dan Surabaya, Yogyakarta dan Solo ke timur. Ini juga merupakan sarana utama transportasi bagi orang-orang yang tinggal di daerah pinggiran kota Cimahi, Padalarang, Rancaekek, Cicalengka dan Cileunyi. Pada 2012 Kereta Commuter Bandung fase-1 akan dibangun untuk menghubungkan Padalarang, Cimahi, Bandung dan Cicalengka. 13 Trans Metro Bandung koridor akan berfungsi sebagai pengumpan. Tahap-2 akan menghubungkan Cicalengka ke Jatinangor.

32 tempat penampungan dari Trans Metro Bandung (mirip dengan TransJakarta) di sepanjang jalan Soekarno-Hatta akan selesai pada Agustus 2011 dengan biaya Rp13.1 miliar ($ 1.540.000). 30 bus tambahan akan bergabung dengan operasi saat 10 bus, setelah semua penampungan telah selesai.

Sejak 21 Juni 2011 Operator Damri telah meluncurkan 2 bus dengan rute Cibiru-Kebon Kelapa sebaliknya khusus untuk penumpang perempuan hanya dengan driver wanita. Ini mengakomodasi kebutuhan agama tertentu.

Pada 5 Agustus 2011 Jusuf Kalla telah mengumumkan bahwa ia ingin membangun monorel di Bandung dengan nilai sekitar Rp.4 triliun ($ 470 juta).

Pada April 2012, kabel mobil proyek 'Bandung Skybridge' untuk menghubungkan Pasteur ke Sabuga (Taman Sari) berada pada 90 persen penyelesaian menunggu otorisasi legal untuk beroperasi. Setelah otorisasi, akan beroperasi dalam waktu satu tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar